Sunday, May 7, 2017

Wisata Gunung Batur Bali

Gunung Batur

Selain wisata pantai Bali yang memang sudah sangat terkenal di dunia, Bali juga memiliki tempat wisata yang tak kalah cantik yaitu di Puncak Gunung Batur.

Seperti yang querana kutip dari Tempo, Gunung Batur merupakan salah satu kawasan yang banyak diminati para wisatawan terutama wisatawan asing di Bali. Gunung ini memang dikenal menawarkan pemandangan matahari terbit yang eksotis.

Para pendaki akan mulai mendaki pukul 04.00 pagi, melewati jalanan berpasir. Jalanan ini cukup mudah dilalui karena jalur masih datar. Setelah melewati jalanan berpasir, pendaki akan berjalan diantara ilalang yang tinggi. Jalanan pun mulai berbatu dan menanjak. Namun, pada fase ini jalur masih mudah dilalui hingga 10 menit berikutnya pendaki akan menemukan jalan yang lebih menanjak dan berbatu besar.

Para pemandu wisata akan dengan senang hati menemani wisatawan yang ingin beristirahat sejenak. lebih dari 3 kali para wisatawan meminta pemandu untuk berhenti sebelum sampai di kawasan pura kecil bernama Pura Payogan. Di pura ini hampir semua pemandu sembahyang sejenak. "Biasanya para guide minta izin terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian, agar semuanya berjalan lancar," kata I Nengah Koma Irawan, seorang pemandu wisata dari Bagus Bali Sunrise.

Menurut kepercayaan orang Bali, gunung merupakan tempat suci, "Maka dari itu kita harus 'permisi' terlebih dahulu sebelum naik," kata pria kelahiran 23 April 1990 ini. Dari tempat sembahyang, butuh waktu sekitar 1 jam lagi untuk sampai di puncak Gunung Batur. Dari Pura Payongan, jalur mendaki lebih tinggi dan terjal. Terhitung lebih dari 10 kali pendaki meminta untuk beristirahat sejenak sambil mengumpulkan tenaga. 

Beberapa menit setelah sampai di puncak, warna keemasan pada langit mulai terlihat dari ufuk timur. Pemandangan Gunung Abang dan Gunung Agung dari sisi yang sama pun terlihat. Permandangan bertambah cantik ketika Danau Batur semakin jelas terlihat.

Sambil menikmati keelokan matahari terbit di puncak Gunung Batur, para pendaki dapat menikmati sarapan ala Gunung Batur. Telur yang dimasak di titik-titik sumber air panas dan secangkir teh hangat.

Meski dapat dicapai selama 2 jam, trek menuju puncak gunung setinggi 1717 meter diatas permukaan laut ini memang cukup menantang terutama bagi para pemula. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan khusus untuk mendaki gunung ini. Selain itu, bagi Anda yang tidak terbiasa dengan suhu rendah, sebaiknay gunakan celana training dan jaket.

Ada dua cara untuk mendaki gunung ini. Pertama cara backpacking dan dengan memesan paket tur. Harga yang ditawarkan paket tur mendaki gunung dibanderol sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu per orang. Namun, harga tersebut sudah termasuk antar jemput dari hotel, sarapan, dan biaya pemandu.

Namun, jika Anda tidak tertarik untuk menggunakan jasa tur. Anda bisa langsung mendatangi Pos Gunung Batur dan melakukan registrasi langsung. Harga dipatok mulai dari Rp 300 ribu-an untuk turis lokal dan mulai dari Rp 600 ribu untuk turis asing.

No comments:

Post a Comment