Wednesday, July 19, 2017

4 Cara Mudah Cek Saldo BPJS

Cara Cek Saldo BPJS 2017
BPJS merupakan jaminan kesehatan dan pensiun yang wajib dimiliki oleh siapapun yang sudah bekerja lebih dari enam bulan, baik untuk sektor formal maupun informal. Meskipun BPJS merupakan fasilitas, namun tetap saja terjadi kendala atau permasalahan yang bisa merugikan para pengguna fasilitas tersebut. Berikut ini akan dijelaskan kenapa sebaiknya Anda segera cek saldo BPJS.

Tujuan utama melakukan cek saldo BPJS adalah untuk memastikan bahwa tidak terjadi permasalahan pada jumlah saldo BPJS yang Anda miliki. Sebagai contoh pada saldo JHT (Jaminan Hari Tua). Ini menjadi penting, karena banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan mengalami masalah pada saldo terakhir yang mereka miliki. Apalagi bagi Anda yang gonta-ganti tempat bekerja (perusahaan), pastikan bahwa saldo BPJS Anda di perusahaan sebelumnya tidak hilang. Seandainya Anda merasa ada sesuatu yang janggal, segera konsultasi kepada pihak BPJS.

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu bagaimana cara mengecek saldo BPJS, simak penjelasan berikut ini.

1. Mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Anda bisa mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, lalu temui petugas BPJS, tunjukkan kartu BPJS atau sebutkan no akun yang Anda miliki. Petugas BPJS akan mengecek akun Anda dan mencetak saldo yang ada dalam akun tersebut.

2. Via SMS
Ini jauh lebih praktis, namun Anda harus registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan No ID. Cara registrasinya sebagai berikut.
- REG#No.BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung, lalu kirim ke 08111009696. Sebagai contoh: REG#12345#010190#Sumiyem
- Setelah registrasi, Anda akan mendapatkan ID yang bisa digunakan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa mengecek saldo dengan format, Saldo#Nomor ID dan kirim ke 08111009696. Sebagai contoh, Saldo#1234567890, lalu kirim ke 08111009696.
- Setelah itu, Anda akan menerima SMS yang berisi saldo yang terkumpul sejak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

3. Melalui ATM BNI
Saat ini, hanya BNI yang menyediakan fitur pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Perlu diingat, cek saldo melalui ATM hanya bisa dilakukan untuk cek saldo, bukan untuk pengambilan saldo yang ada di dalam rekening.

4. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile
Anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi tersebut di Google Playstore. Setelah itu, Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki dengan cara berikut ini.
- Log in dengan akun yang Anda miliki pada aplikasi BPJSTK Mobile;
- pilih Saldo JHT;
- cek Saldo JHT;
- setelah itu, akan muncul informasi mengenai saldo JHT yang terkumpulkan.

Inilah penjelasan mengenai cek saldo BPJS. Pastikan bahwa hak-hak yang Anda miliki tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

No comments:

Post a Comment