Monday, November 19, 2018

Perhatikan 5 Hal Penting Ini Saat Pesan Tiket Kereta Api

                Kereta api adalah salah satu transportasi darat yang digemari oleh masyarakat Indonesia ketika bepergian jauh, entah untuk liburan atau untuk kembali ke kampung halaman. Hal tersebut dikarenakan harga tiket kereta yang termasuk murah dibandingkan dengan transportasi darat lainnya dengan waktu tempuh yang cepat. Selain itu, sekarang untuk membeli tiket kereta api sangatlah mudah, tidak seperti 10 tahun yang lalu ketika anda harus datang langsung ke stasiun kereta api terdekat di kota anda.

Harga Tiket Kereta

Kemajuan teknologi sangat membantu kemudahan dalam pembelian tiket kereta api, anda sudah bisa memesannya melalui situs booking online yang bisa anda akses melalui smartphone anda. Jadi ketika anda membutuhkan tiket kereta saat itu juga, anda bisa langsung memesannya dan membayarnya menggunakan mobile banking, pergi ke ATM terdekat atau minimarket terdekat.
                Walaupun pembelian tiket kereta api sudah jauh lebih mudah, persyaratan untuk pembelian kereta api masih sama, tata cara pembeliannya pun tidak jauh berbeda dengan ketika anda membeli di stasiun kereta api. Agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan dalam pemilihan tanggal, kehabisan tiket, mendapatkan harga tiket yang mahal dan lain sebagainya, berikut adalah 5 hal penting yang harus anda perhatikan ketika akan membeli tiket kereta api.
1.       Siapkan identitas diri
Anda bisa menggunakan KTP, SIM atau paspor sebagai identitas diri anda saat akan membeli tiket kereta api. Di situs booking online seperti misteraladin.com tersedia kolom untuk mengisi data diri anda. Anda harus berhati-hati dalam mengisi data diri karena nantinya data di tiket kereta yang anda cetak akan disesuaikan dengan identitas diri anda (KTP/ SIM/ paspor). Apabila terjadi perbedaan data, maka bisa saja anda tidak diperbolehkan untuk naik kereta api.
2.       Pesan jauh-jauh hari
Tak jarang tiket kereta api cepat habis, terutama pada musim liburan. Apabila anda berniat untuk berlibur, pesanlah jauh-jauh hari. Dari kereta api Indonesia (PT KAI) sendiri memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk memesan tiket kereta api H-90 dari tanggal keberangkatan yang anda inginkan.
3.       Membeli di situs booking online terpercaya
Ada banyak sekali situs booking online yang bisa anda gunakan untuk memesan tiket kereta api. Daripada membeli ke stasiun, lebih baik membelinya melalui situs booking online. Anda pun bisa memilih tempat duduk yang anda inginkan, mulai dari nomer seat hingga nomer gerbong kereta yang anda inginkan.
4.       Cek promo
Tidak seperti loket penjualan tiket kereta di stasiun, situs booking online seperti misteraladin.com memberikan banyak sekali promo, salah satunya adalah promo tiket kereta api sehingga harga tiket kereta menjadi lebih murah. Sangat menguntungkan bukan? Makanya sering-sering cek misteraladin.com agar tidak ketinggalan promonya.
5.       Cek fasilitas kereta api
Setiap kelas dalam kereta api menyediakan fasilitas yang berbeda-beda, apabila anda belum mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk mengeceknya. Seperti misalnya saja kelas eksekutif menyediakan selimut yang bisa anda gunakan untuk menghangatkan diri ketika bepergian pada malam hari. Setiap jenis kereta juga menyediakan fasilitas yang berbeda, misalnya saja kereta api Taksaka atau Gaya Baru Malam Selatan, walaupun anda memilih kelas ekonomi tapi fasilitas yang ditawarkan kedua jenis kereta api ini hampir sama dengan kelas bisnis dengan kursi yang empuk, ada sandaran tangan di kedua sisinya dan kursi yang adjustable.

No comments:

Post a Comment