Tuesday, January 22, 2019

Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Merancang Kamar Tidur Anak

Anak merupakan salah satu anugrah terindah dari Tuhan, karena itulah kebahagiaan anak juga merupakan kebahagiaan bagi orang tua, jadi tidak heran jika banyak orang tua yang rela melakukan hal apapun demi kebahagiaan andaknya, salah satuya adalah dalam hal desain kamar tidur anak.

Anak biasanya menghabiskan sebagian waktunya di kamar tidur, mulai dari belajar hingga bermain, karena itulah kamar tidur merupakan salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Mulai furniture, pencahayaan, hingga pengudaraan alami. 

Tempat Tidur Anak


Berikut ini beberapa hal dasar yang bisa anda perhatikan untuk mendesain kamar tidur anak.

- Posisi

Posisi tempat tidur anak, terutama anak yang masih kecil sebaiknya jangan di dekat jendela, pintu, atau kamar mandi, selain itu jauhkan juga dari colokan listrik dan tirai jendela. Hal ini tentu saja untuk menjaga si kecil agar tetap aman, tapi mungkin seiring dewasanya anak hal ini cepat lambat akan berubah, karena anak juga sudah mulai bisa berpikir sendiri.

- Pagar Pada Tempat Tidur

Model tempat tidur anak ada banyak ragam jenisnya, tapi satu hal yang perlu di perhatikan, yaitu pagar tidur, pagar tidur jangan sampai ketinggalan disediakan untuk tempat tidurk anak, apalagi jika diketahui si kecil tidurnya tidak bisa diam, selain itu hal ini juga wajib dipertimbangkan jika tempat tidur anak cukup tinggi dari lantai.

- Gunakan Warna Pastel

Banyak ahli yang mengatakan agar warna tidur anak sebaiknya menggunakan warna-warna pastel, atau dengan kata lain warna-warna lembut, jangan menggunakan warna terang pada kamar anak, warna terang diyakini dapat membuat si kecil menjadi lebih cepat lelah. Tapi jika ingin memberi warna terang juga jangan meletakannya pada area luas seperti dinding atau furnitur, tapi tidak apa-apa jika hanya pada benda-benda kecil seperti buku atau mainan. 

Warna cerah sendiri sebenarnya bisa anda letakan pada area bermain, hal ini dikarenakan warna cerah menstimulasi otak agar lebih bersemangat, jadi tidak cocok untuk area istirahat seperti kamar tidur

- Furnitur Jangka Panjang

Kamar tidur anak mungkin akan didiami hingga bertahun-tahun lamanya, bahkan mungkin sampai si anak beranjak dewasa. Karena itu sebaiknya pilih furnitur yang berjangka panjang, contohnya seperti tempat tidur, anda bisa membelikan tempat tidur dengan ukuran standar, kurang lebih 100x200 cm, masalah desain mungkin tidak masalah, yang penting ukurannya.

Begitu juga dengan furnitur di dalamnya, anda bisa memilih jenis furnitur yang tahan lama.

- Jenis Furnitur Yang Aman

Jangan sembarangan memilih furnitur untuk si anak, sebaiknya pilih furnitur yang tidak memiliki sudut tajam, hal ini tentu saja untuk menjaga kemanannya, jenis furnitur sebaiknya mudah di geser atau di angkat oleh anak, hal ini untuk menghindari jika anak tertimpa kursi atau meja.

Itulah beberapa tips dari kami bagaimana sebaiknya mendesain kamar anak, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda semua.

No comments:

Post a Comment