Tuesday, February 5, 2019

Hobi Menulis dan Jalan-jalan? Jadi Freelancer Aja, Yuk!


Freelancer

Freelancer menjadi salah satu jenis pekerjaan yang diminati generasi Millenial saat ini. Kebanyakan anak muda jaman sekarang lebih menyukai jenis pekerjaan yang fleksibel dan bisa dikerjakan sesuka hati. Tentu tidak bisa mengesampingkan profesionalitas hasil pekerjaan lho! Salah satu jenis pekerjaan yang diminati saat tertarik terjun menjadi seorang Freelance atau pekerja lepas adalah penulis atau content writer. Anda suka membaca dan menulis? Jadi, tenaga lepas yuk!

Pekerjaan menulis bisa Anda kerjakan di mana dan kapan saja sesuai disiplin waktu. Bisa pula membawa perangkat wajib Anda seperti notebook saat asyik liburan lho! Bagi Anda yang suka jalan-jalan, pekerjaan menjadi penulis lepas ini sangat menjanjikan. Meski begitu, ada beberapa hal penting yang wajib Anda pertimbangkan sebelum menjadi seorang penulis lepas.

  1. Pastikan memiliki kemampuan menulis yang baik
Anda ingin menjadi seorang penulis lepas namun tidak didukung dengan kemampuan menulis yang baik tentu bakal gagal total. Pasalnya, Anda menjual tulisan yang sesuai dengan permintaan klien baik artikel atau isi konten website mereka. Kemampuan menulis harus didukung pengetahuan yang luas seperti mengusai EYD, kepenulisan yang benar sesuai kaidah bahasa, riset mumpuni dan lain-lain.

Kalau ingin meningkatkan kemampuan menulis, sebaiknya Anda berlatih secara konsisten. Jangan lupa untuk memperbanyak wawasan dengan membaca berbagai informasi lewat buku atau internet. Orang yang hobi menulis biasanya juga gemar membaca lho!

  1. Mengambil bidang kepenulisan yang disukai
Ada baiknya Anda memilih jenis bidang spesialisasi yang diminati. Hal ini untuk mempermudahkan klien menemukan pekerjaan yang cocok untuk Anda. Misalnya Anda adalah penyuka kegiatan traveling atau jalan-jalan, bisa menjadi seorang travel blogger atau menjadi penulis di bidang pariwisata.

  1. Meminta feedback dari para klien
Kalau Anda termasuk pemula dalam pekerjaan lepas ini, bisa meminta feedback dari para klien yang menggunakan jasa Anda. Semakin banyak ulasan positif menggunakan jasa tulis dari Anda, semakin banyak pula peluang pekerjaan dari klien lain yang menunggu. Jadi, pastikan Anda selalu memenuhi kriteria pekerjaan yang ditetapkan oleh klien agar bisa memberikan hasil proyek yang memuaskan.

  1. Menjalin kerja sama dengan banyak pihak
Bekerja sama dengan banyak perusahaan atau koneksi sesama penulis lepas lain bisa menjadi langkah awal kesuksesan Anda. Semakin luas jaringan yang berhasil Anda bangun, maka semakin besar pula potensi menghasilkan pendapatan fantastis dari berbagai pekerjaan yang ditawarkan.

  1. Miliki blog atau website pribadi
Jika ingin fokus menjadi seorang freelancer di bidang kepenulisan ini, Anda wajib memiliki blog atau website pribadi. Klien yang menghubungi Anda biasanya akan melihat hasil tulisan Anda secara langsung. Cara ini dilakukan untuk mengetahui jenis tulisan dan bagaimana hasil karya Anda bakal sesuai dengan proyek mereka. Oleh sebab itu, Anda wajib memiliki website pribadi yang berisi contoh tulisan berkualitas.

  1. Membuat resume yang menarik
Anda wajib memikirkan pembuatan resume yang menarik untuk meyakinkan calon klien. Resume yang menarik bisa berisi desain hingga gaya bahasa yang memikat. Pastikan memberikan informasi seputar keahlian dan keterampilan Anda yang bisa menarik minat para klien. Kebanyakan klien akan mengecek latar belakang pendidikan serta keterampilan Anda sebelum menawarkan jenis pekerjaan yang cocok.

Selain beberapa hal penting yang disebutkan, freelancer di bidang kepenulisan juga bisa melampirkan portofolio mengenai karya yang pernah diterbitkan sebelumnya. Cara ini efektif meningkatkan personal branding sebagai penulis lepas profesional. Jika semua persyaratan telah lengkap, Anda siap go online menjadi seorang penulis lepas. Dapatkan banyak pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda di bidang ini!


No comments:

Post a Comment