Sunday, February 24, 2019

Tips Jitu Merawat Baterai Macbook

Harga Macbook yang tergolong mahal di pasaran ternyata tidak mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan dan memilih Macbook. Macbook tetap menjadi salah satu produk Apple yang banyak diburu oleh masyarakat di Indonesia khususnya anak-anak muda yang menggunakan laptop untuk kebutuhan kerja atau sekolah.

Macbook memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan produk laptop lainnya yang bisa kita temukan di pasaran saat ini. Bukan hal yang aneh jika Macbook memiliki peminat yang tinggi karena memang kualitas Macbook bisa diandalkan. Apple membekali Macbook dengan fitur yang berkualitas dan hardware yang awet untuk jangka waktu lama,

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Macbook adalah daya tahan baterainya yang cukup lama. Baterai Macbook bisa bertahan untuk waktu yang lama sehingga pengguna bisa lebih leluasa menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan Macbook. Rata-rata Macbook bisa digunakan selama 10 jam untuk kebutuhan komputasi standar sehari-hari. 

harga Macbook

Merawat Baterai Macbook
Memang benar bahwa baterai Macbook bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama. Namun, anda juga tetap harus menggunakannya dengan bijak dan merawat baterai Macbook dengan tepat. Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian Macbook, tentu performa baterai bisa menurun secara perlahan.

Seperti kita tahu bahwa harga Macbook memang mahal, jadi anda harus merawat benda elektronik ini dengan sebaik mungkin. Bagi anda pengguna Macbook yang ingin mempertahankan performa Macbook anda tetap baik, berikut adalah beberapa tips jitu merawat baterai Macbook yang bisa anda terapkan :

1. Jangan Sampai Baterai Habis
Pengguna Macbook sangat disarankan untuk melakukan pengisian daya baterai sebelum baterai benar-benar habis. Sebaiknya baterai langsung diisi ketika indikator baterai sudah menunjukkan presentasi 20% atau 30%. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mengisi baterai, maka anda bisa mematikan Macbook dalam kondisi baterai lemah.

2. Segera Cabut setelah Penuh
Setelah daya baterai terisi penuh, segera cabut charger secepatnya. Jangan membiarkan Macbook mengalami overcharge. Kebiasaan untuk segera mencabut charger setelah daya baterai terisi penuh adalah cycle count akan berkurang dan performa baterai akan tetap terjaga dengan baik. Selain itu kebiasaan ini juga bisa menghemat penggunaan listrik anda.

3. Hindari Overheat
Tidak hanya pada Macbook, sebenarnya laptop yang lain juga harus dijaga agar tidak mengalami overheat. Overheat pada Macbook bisa menyebabkan baterai menjadi lebih cepat rusak. Cara termudah untuk mencegah terjadinya overheat pada Macbook adalah dengan menggunakan cooling pad. Cooling pad akan menjaga suhu Macbook tetap dingin saat digunakan.

4. Melakukan Kalibrasi
Ketika anda merasa bahwa baterai Macbook begitu cepat habis, maka anda bisa melakukan kalibrasi. Setelah melakukan kalibrasi, baterai secara otomatis akan mengalami reset dan bisa bekerja normal tidak cepat habis karena alasan yang tidak jelas.

5. Gunakan Secara Bijak
Gunakan Macbook secara bijak demi menjaga kualitas baterai yang anda gunakan. Jika tidak digunakan, lebih baik matikan Macbook jangan membiarkannya menyala padahal anda tidak menggunakannya. Selain bisa memperpanjang usia baterai, kebiasaan ini juga bisa membuat Macbook anda tetap awet dengan performa yang baik.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga ketahanan baterai Macbook. Ingat, harga Macbook itu mahal jadi anda harus merawat Macbook dengan sebaik mungkin. Pastikan bahwa anda menggunakannya dengan bijak dan melakukan perawatan baterai yang tepat. Selain merawat baterainya, rawat juga hardware Macbook anda agar tetap bagus terlihat seperti baru.

1 comment: