Sunday, March 31, 2019

Mual dan Muntah Pada Masa Kehamilan

Merasakan gejala mual dan muntah pada ibu yang tengah dalam masa kehamilan biasanya dianggap menjadi suatu hal yang biasa. Namun adakalanya penyebab mual dan muntah ibu hamil ini bukan karena kehamilannya, melainkan pernah memiliki riwayat asam lambung sebelumnya. Untuk itu setidaknya dibutuhkan suatu pengetahuan yang lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya rasa mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil ini. Jika dirasakan mual dan muntah yang berkepanjangan, maka tidak ada salahnya anda mengkonumsi obat muntah aksi cepat yang diresepkan oleh dokter.  

obat muntah aksi cepat

Adapun berbagai penyebab rasa mual dan muntah yang melanda ibu hamil ini adalah sebagai berikut :

Adanya peningkatan kadar hormon estrogen pada saat menjalani kehamilan ini sejatinya bisa menjadi penyebab timbulnya rasa mual dan muntah. Dan tak hanya itu saja, peningkatan hormon estrogen ini juga bisa menyebabkan perubahan mood pada ibu hamil, sehingga tidak heran banyak ditemukan kasus ibu hamil yang hobi marah-marah, dan memiliki perubahan mood yang tidak jelas di setiap harinya.

Faktor psikologis merupakan salah satu faktor penyebab mual saat hamil. Apalagi bagi ibu hamil yang mengalami stress biasanya akan mengalami hal mual pada saat kehamilannya. Dan biasanya ibu hamil yang mengalami stress pada masa kehamilan tersebut biasanya dikarenakan kurang siapnya mental sang ibu, dalam menerima kehamilan yang tengah ia alami. 

Perubahan pola makan juga menjadi salah satu penyebab rasa mual dan muntah bagi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil hanya mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin dan nutrisi agar kesehatan janinnya juga terjamin.

Dan selain harus menjaga pola makannya saat mengandung, pada saat menyusuinya pun harus diperhatikan dengan sama baiknya. Adapun berbagai makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui adalah seperti makanan dan minuman yang mengandung vitamin B1, B6, B12, vitamin A serta vitamin lainnya seperti vitamin D, E, K dan C. Dan untuk mineralnya, bisa bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan.

No comments:

Post a Comment