Tuesday, April 16, 2019

Wajib Tahu, Ini Bumbu Rahasia Kelezatan Kuliner Nusantara

Indonesia terkenal dengan masakan kulinernya yang penuh dengan rempah-rempah dan bumbu yang membuat citarasanya yang nikmat dan gurih.  Berbagai daerah punya masakan khasnya sendiri, masakan nusantara tidak lepas dari berbagai macam dan rempah-rempah seperti lengkuas kencur, temu kunci, jahe, kunyit, kemiri dan lain sebagainya. 

Bumbu

Secara umum, masakan Indonesia terdiri dari beraneka rempah dan hampir semua masakannya menggunakan bumbu masak dan sambal yang terbuat dari rempah-rempah tersebut. Beberapa resep makanan memiliki kemiripan bahan penyusun bumbu masaknya sehingga Anda bisa menyiapkan beberapa bumbu dasar kemudian menambahkan beberapa bumbu tambahan sesuai dengan jenis masakan yang akan Anda buat. 

Nah untuk mengetahui apsaja bumbu dasar yang membuat masakan khas nusantara bisa mendunia, yuk simak dibawah ini.

Bumbu Dasar Merah
Seperti namanya bumbu merah identik dengan rasa pedas. Bumbu ini biasanya dipakai untuk memasak Rendang, Sambal Goreng, Kering Kentang, Ayam Bali, Kering Tempe, Bumbu Sate Lilit, dan sebagainya. Untuk membuat bumbu dasar merah ini diperlukan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan merica. Jika suka, Anda juga dapat menambahkan kemiri, ketumbar, dan terasi ke dalamnya. Haluskan semua bumbu lalu tumis sampai harum dan matang. Simpan dalam botol bersih bertutup rapat, hilangkan uap panasnya lalu simpan dalam lemari pendingin.

Bumbu Dasar Putih
Bahan pembuat bumbu dasar putih ini hampir mirip dengan bumbu dasar merah, namun tidak menggunakan cabai didalamnya. Biasanya bumbu dasar putih ini terbuat dari  bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar yang digiling halus bersamaan lalu ditumis sampai harum dan matang. Seperti namanya bumbu dasar putih ini biasanya digunakan untuk membuat panganan yang berwarna putih dengan rasa yang gurih. makanan yang menggunakan bumbu masak ini antara lain adalah gudeg, sayur bobor, soto, lodeh, rawon, opor, oseng-oseng, tempe bacem, dan aneka tumis.

Bumbu Dasar Orange
Bumbu dasar orange menggunakan bahan dasar cabai merah besar yang di campur dengan bahan lainnya seperti, Bawang putih, bawang merah, kunyit, lada, lengkuas, Gula dan garam. Warna oranye timbul dari perpaduan warna kuning kunyit dan warna merah cabe merah keriting yang digunakan. Bumbu dasar oranye digunakan untuk masakan yang berwarna kuning cerah, cita rasa pedas, dan memiliki aroma rempah kuat seperti gulai atau pepes.

Bumbu Dasar Kuning
Bumbu dasar yang satu ini bisa dibuat dengan cara mencampur rempah-rempah seperti, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lada, lengkuas, Gula dan garam. Masakan yang menggunakan bumbu masak ini merupakan masakan-masakan yang memilki rasa gurih dan berwarna kuning cerah. Beberapa contoh masakan yang menggunakan bumbu masak ini adalah kari, acar kuning, nasi kuning, kari ayam, pesmol ikan, pepes, dan ayam goreng.

Bumbu dasar Sambal Kacang 
Bumbu dasar ini biasanya digunakan untuk masakan pecel, sate, gado-gado, lotek, serta rujak. Bahan-bahan penyusun bumbu masak ini adalah kacang tanah goreng, kemiri, bawang putih, gula merah, dan cabai. Untuk membuat bumbu yang satu ini memang cukup menyita waktu karena sebelum dihaluskan, kita harus menggoreng kacang tanah terlebih dahulu. Oleh karenanya, umumnya bumbu dasar sambal kacang disiapkan terlebih dahulu sebelum mengolah masakan inti.

Nah itulah beberapa bumbu dasar yang membuat masakan panganan khas nusantara menjadi nikmat dengan rasa yang beragam ingga bisa terkenal hingga penjuru dunia. 

2 comments:

  1. Betul itu, tapi jangan lupa untuk nyobain Wisata kuliner di Malang, atau Wisata kuliner di Bandung, atau enggak Wisata kuliner di Bali yang tentunya enak tapi tidak terlalu membuat badan bisa rusak.

    ReplyDelete
  2. bumbu dari nusantara emang paling top..

    jangan lupa mampir ketempat kami di https://www.hartacod.com merupakan situs situs poker online , judi poker online agen poker online terpercaya di Indonesia yang ada di Indonesia pada saat ini.

    ReplyDelete