Friday, October 25, 2019

Cara Aman Beli Mobil Bekas


Bagi yang punya budget minim namum tetap ingin mempunyai mobil, agaknya beli mobil bekas bisa menjadi solusi yang paling aman dan masuk akal. Namun yang namanya barang bekas pastinya mempunyai banyak kekurangan atau kerusakan.

Apalagi masih besarnya stigma bahwa mobil bekas selalu saja akan merepotkan karena gampang rusak dan bakal menghabiskan banyak modal untuk perbaikannya, ditambah lagi kebanyakan mobil atau motor bekas yang dijual dipasaran tidak taat bayar pajak, sehingga mengakibatkan denda pajak motor  atau mobil roda 4 ini menunggak.

Membeli mobil atau motor bekas memang harus memperhatikan beberapa hal agar tidak rugi, beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kendaraan bekas seperti:

1. Survei harga
Membeli mobil bekas perlu kesabaran. Karena itu, cobalah rajin mengecek harga mobil yang diinginkan dari beberapa dealer mobil bekas, baik milik pemegang merek, swasta bahkan situs jual beli online. Bukan tak mungkin harga-harga mobil bekas ini bisa saja berbeda-beda tergantung dari kondisi mobil itu sendiri.

2. Cari yang paling dekat
Karena mobil bekas, tentu saja mobil yang dicari sudah digunakan sang pemilik ke berbagai tempat. Untuk mencari mobil, Anda juga perlu menyaring target mobil dari jarak tempuh yang sudah dilalui, harga, fitur dan jarak apakah mobil itu dekat dengan bengkel atau dealer. Namun, karena kemudahan teknologi, mencari mobil bekas tentu saja bisa juga dilakukan lewat situs jual beli online agar lebih menghemat waktu.

3. Periksa bersama teknisi ahli
Memeriksa kondisi mobil bekas yang akan anda beli adalah suatu hal yang sangat penting. Anda tentu tidak mau membeli sebuah mobil bekas tanpa tahu bagaimana kondisinya. Jika anda tidak ahli dalam hal mesin, anda bisa mencari mekanik/ montir mobil untuk melakukan pemeriksaan mobil bekas yang akan anda beli.

Jika anda sudah memiliki kenalan mekanik/ montir ini, tentu akan jauh lebih baik. Dalam pemeriksaan kondisi mobil ini tentu memerlukan orang yang sangat bisa dipercaya. Selain dapat membantu memeriksa mobil bekas tersebut, mekanik/ montir akan dapat membantu anda melakukan estimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan setelah mobil tersebut berpindah tangan.

4. Test drive
Jika sudah tahu mobil yang diinginkan, coba mintalah untuk melakukan test drive. Hal ini cara paling tepat untuk menilai apakah mobil masih laik dan kondisinya memang benar terbaik. Anda harus rasakan dengan seksama saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, bagaimana visibilitas saat di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tak enak, apakah ada bunyi mencuit, cek mesin, kondisi AC, dan lainnya.

5. Cek semua berkas
Ketika sudah resmi dibeli, maka akan ada beberapa hal yang patut dilakukan pengecekan kembali sebelum dilakukan tanda tangan. Cek juga sejumlah dokumen mulai dari daftar harga, sertifikat, pajak, STNK, BPKB dan lainnya. Jika membeli di dealer mobil bekas bukan tak mungkin ada beberapa item yang ditawarkan mulai dari garansi, perangkat anti pencurian, perlindungan dan lain-lainnya.

1 comment:

  1. nice info

    jangan lupa mampir ketempat kami di https://www.hartacod.com merupakan situs situs poker online , judi poker online agen poker online terpercaya di Indonesia yang ada di Indonesia pada saat ini.

    ReplyDelete