Wednesday, May 6, 2020

Yuk Simak List Tanya Jawab Ramadhan yang Seringkali Ditanyakan


Tanya Jawab Bulan Ramadhan

Ramadahan adalah momen yang kerapkali ditunggu tunggu kehadirannya. Bulan yang penuh ampunan ini dijadikan ajang untuk berlomba lomba melakukan kebaikan. Mulai dari puasa, sedekah, zatat, shala hingga infak dilakukan untuk menyambut bulan yang fitri ini. Namun tak jarang juga beberapa orang kerapkali menanyakan pertanyaan yang meragukan. Yuk simak daftar tanya jawab Ramadhan yang sering ditanyakan berikut. 

Daftar Pertanyaan Seputar Ramadhan 

1 Apa Hukumnya Seorang Wanita yang Haid Sebelum Maghrib ? 
Pertanyaan satu ini mungkin kerap kali terlintas di benak para wanita. Bagaimana jika seorang wanita yang datang bulan saat mepet maghrib, apakah yang harus ia lakukan ? Jawabanya adalah diwajibakan untuk tetap menqadha puasa hari itu. Bahkan dianjurkan untuk menahan puasa hingga berbuka meskipun sedang mengalami datang bulan untuk pertama kalinya. 
2. Bagaimana Hukumnya Menggunakan Siwak ?
Mungkin sebagian dari anda sempat ragu untuk tetap menggosok gigi ketika sedang berpuasa atau membiarkannya. Jawaban dari pertanyaan menggunakan siwak saat berpuasa diperbolehkan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang ada di sekitar mulut. Namun anda harus berhati hati jangan sampai air untuk berkumur mengalir ke tenggorokan dan mengakibatkan batal puasa. 
3. Apakah Orang yang Berpuasa Boleh Disuntik ? 
Jawaban dari pertanyaan ini adalah diperbolehkan asalkan dalam suntikan tersebut tidak mengandung makanan. Namun apabila mengandung unsur makanan maka tidak diperbolehan untuk menggunakannya. Untuk orang yang tengah sakit dan tidak bisa melakukan puasa alangkah baiknya untuk tidak berpuasa dan menggantinya di lain hari Bulan Ramadhan. 
4. Bagaimana Hukum Mencabut Gigi Saat Berpuasa ? 

Tanya jawab Ramadhan ini mengatakan diperbolehkan, alias tidak akan membatalkan puasanya. Hal ini karena air liur yang mengandung darah dari dirinya sendiri sehingga diperbolehkan. Namun alangkah lebih baiknya apabila anda menunda mencabut gigi hingga berbuka puasa. Dikhawatirkan mencabut gigi saat berpuasa akan membahayakan dirinya. 

Masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin membuat anda ragu untuk melakukannya di tengah menjalankan Ibadan puasa. Anda bisa bertanya pada ahlinya seputar pertanyaan puasa sehari hari melalui fitur  fitur Q&A di Umma.id. Dengan mencari tahu boleh tidaknya, haram halalnya maka puasa yang dijalankan akan dinilai ibadah. Jangan melakukan hal hal yang membuat anda ragu untuk melakukannya di saat menjalankan Ibadah puasa. 

No comments:

Post a Comment